Direksi PT Wicaksana Overseas International Tbk. (“Perseroan”), berkedudukan di Jakarta Utara, dengan ini mengundang para Pemegang Saham untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan (“Rapat”) yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Kamis / 17 Maret 2022
Waktu : 10.00 WIB – Selesai
Tempat : Kantor Pusat Perseroan, Jl. Ancol Barat VII Blok A 5D No. 2 Jakarta Utara 14430, Indonesia

MATA ACARA RAPAT DAN PENJELASAN

Direksi Perseroan mengajukan mata acara berikut untuk dibahas dan/atau memperoleh persetujuan dari para Pemegang Saham Perseroan.
1. Perubahan susunan anggota Direksi Perseroan
Perubahan susunan anggota Direksi dilakukan sehubungan pengunduran diri Bapak Iwan Widarmana selaku Presiden Direktur berdasarkan surat permohonan pengunduran diri tanggal 14 Januari 2022. Sesuai dengan ketentuan Pasal 17 ayat (2) dan ayat (6) huruf a AD, Pasal 3 ayat (1), Pasal 4, dan Pasal 8 Peraturan OJK No. 33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik, mata acara ini diwajibkan untuk memutuskan pengangkatan dan pemberhentian anggota Direksi melalui Rapat, dengan memperhatikan usulan dari Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan.

2. Persetujuan perubahan Anggaran Dasar Perseroan
Memperhatikan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia 2020 (”KBLI 2020”) untuk memenuhi persyaratan Perizinan Daring Terpadu dengan Pendekatan Perizinan Berbasis Risiko (“OSS RBA”), Perseroan akan mengusulkan kepada Rapat agar memperoleh persetujuan atas perubahan AD Perseroan, antara lain untuk mengubah beberapa ketentuan terutama terkait pasal- pasal mengenai Maksud dan Tujuan Perseroan guna penyesuaian dengan KBLI 2020 serta Kewenangan Direksi,

PROSEDUR RAPAT

KUORUM KEHADIRAN DAN KEPUTUSAN RAPAT

1. Rapat adalah sah dan dapat dilangsungkan serta berhak mengambil keputusan yang sah dan mengikat, apabila dihadiri oleh para Pemegang Saham atau kuasanya yang sah yang mewakili lebih dari 1/2 (satu per dua) baguan dari jumlah seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh Perseroan dengan hak suara yang sah, dan khusus untuk Mata Acara ke-2, Rapat adalah sah dan dapat dilangsungkan serta berhak mengambil keputusan yang sah dan mengikat, apabila dihadiri oleh para Pemegang Saham atau kuasanya yang sah mewakili paling sedikit 2/3 (dua per tiga) bagian dari jumlah seluruh saham yang telah dikeluarkan Perseroan dengan hak suara yang sah.

2. Keputusan Rapat diambil berdasarkan musyawarah untuk mufakat, dalam hal keputusan berdasarkan musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, keputusan adalah sah jika disetujui lebih dari 1/2 (satu per dua) bagian dari jumlah seluruh saham dengan hak suara yang sah yang hadir dan/atau diwakili dalam Rapat, dan khusus untuk Mata Acara ke-2, keputusan adalah sah jika disetujui lebih dari 2/3 (dua per tiga) bagian dari jumlah seluruh saham dengan hak suara yang sah yang hadir dan.atau diwakili dalam Rapat.

PROSEDUR KEHADIRAN
1. Perseroan tidak mengirimkan undangan tersendiri kepada Pemegang Saham karena Pemanggilan ini berlaku sebagai undangan resmi kepada Pemegang Saham untuk menghadiri Rapat.

2. Pemegang saham yang berhak hadir atau diwakili dengan Surat Kuasa dalam Rapat adalah Pemegang Saham Perseroan yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan dan/atau pemilik saham Perseroan dalam catatan saldo rekening efek di Penitipan Kolektif PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (“KSEI”) pada penutupan perdagangan saham pada Selasa, 22 Februari 2022 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

3. Sehubungan dengan telah diterbitkannya surat KSEI No. KSEI-4012/DIR/0521 tanggal 31 Mei 2021 perihal Penerapan Modul e-Proxy dan Modul e-Voting pada Aplikasi eASY.KSEI berserta Tayangan Rapat Umum Pemegang Saham, saat ini KSEI telah menyediakan platform e-RUPS untuk pelaksanaan RUPS secara elektronik dimana Pemegang Saham Perseroan dapat hadir ke Rapat secara elektronik melalui aplikasi Electronic General Meeting System dengan tautan https://akses.ksei.co.id/ (eASY.KSEI) yang disediakan oleh KSEI.

4. Perseroan akan tetap mengadakan Rapat fisik yang dapat dihadiri oleh Pemegang Saham secara terbatas dengan memperhatikan Ketentuan Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19 yang dijelaskan dibawah ini

5. Pemegang Saham yang berhalangan hadir atau memilih untuk tidak hadir (secara fisik maupun elektronik) dalam Rapat dapat diwakili oleh kuasanya, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Memberikan kuasa secara elektronik (e-Proxy) kepada Pihak Independen yang ditunjuk oleh Perseroan untuk mewakili pemegang saham dan memberikan suara dalam Rapat melalui eASY.KSEI. Pihak Independen adalah staf dari Biro Adminsitrasi Efek (“BAE”) yang ditunjuk khusus oleh Perseroan dalam pelaksanaan Rapat, yaitu PT Datindo Entrycom. Dalam hal kuasa diberikan dengan e-Proxy, maka tidak diperlukan legalisasi sebagaimana diatur dalam butir b di bawah. Pihak yang dapat menjadi penerima e-Proxy wajib cakap menurut hukum dan bukan merupakan anggota Dewan Komisaris, Direksi dan karyawan Perseroan, serta mengikuti ketentuan lainnya sebagaimana diatur dalam POJK No. 15/2020; atau

b. Memberikan kuasa dengan mengisi formulir Surat Kuasa yang dapat diunduh di situs web Perseroan dengan ketentuan:

c. Mengingat situasi pandemi COVID19, pemberian kuasa kepada Pihak Independen yang ditunjuk Perseroan sebagaimana disebutkan di atas sangat dianjurkan dan juga dapat dilakukan melalui pemberian kuasa secara konvensional dengan menggunakan formulir Surat Kuasa, selain secara elektronik melalui eASY.KSEI sebagaimana dijelaskan pada butir (a) di atas;

1) Anggota Direksi, anggota Dewan Komisaris, dan karyawan Perseroan dapat bertindak selaku kuasa Pemegang Saham dalam Rapat, namun suara yang mereka keluarkan selaku kuasa dalam Rapat tidak dihitung dalam pemungutan suara (termasuk bertindak selaku Pemegang Saham);

2) Pemegang Saham tidak berhak memberikan kuasa kepada lebih dari seorang kuasa untuk sebagian dari jumlah saham yang dimilikinya dengan suara yang berbeda;

3) Surat Kuasa dari Pemegang Saham yang ditandatangani di luar negeri harus dilegalisasi oleh notaris publik setempat dan Kedutaan/Kantor Konsulat Republik Indonesia setempat;

4) Surat kuasa yang telah dilengkapi disertai fotokopi identitas diri atau bukti jati diri yang sah dari pemberi kuasa harus telah diterima Perseroan, selambatnya 3 (tiga) hari kerja sebelum Rapat diselenggarakan, melalui BAE. Alamat BAE: PT Datindo Entrycom, Jl. Hayam Wuruk No. 28 Lantai 2, Gambir, Jakarta Pusat 10120, Indonesia, Phone: (+6221) 350 8077, Faks.: (+6221) 350 8078, e-Mail: corporatesecretary@datindo.com, situs web: www.datindo.com;

5) Kuasa dari Pemegang Saham yang berbentuk badan hukum (Pemegang Saham Badan Hukum) wajib untuk menyerahkan:

a) Fotokopi Anggaran Dasar yang berlaku;
b) Dokumen pengangkatan para anggota/pengurus yang menjabat;
kepada Perseroan melalui BAE dengan alamat BAE yang tertera di atas, paling lambat tanggal 11 Maret 2022 pukul 16.00 WIB.

6. Seluruh materi Rapat seperti penjelasan masing-masing mata acara Rapat, Surat Kuasa dan Tata Tertib Rapat, dst dapat diakses/diperoleh melalui situs web KSEI/aplikasi eASY.KSEI dan situs web Perseroan (www.wicaksana.co.id).

7. Pemegang Saham Perseroan diharapkan untuk terlebih dahulu membaca Tata Tertib Rapat, termasuk panduan pelaksanaan Rapat secara elektronik bagi yang akan hadir secara elektronik yang tersedia di situs web sistem e.ASY KSEI (https://easy.ksei.co.id/).

8. Apabila terdapat perubahan dan/atau penambahan informasi terkait tata cara pelaksanaan Rapat sehubungan dengan adanya kondisi dan perkembangan terkini yang belum disampaikan melalui Pemanggilan ini, selanjutnya akan diumumkan dalam situs web KSEI/aplikasi eASY.KSEI dan situs web Perseroan.

KETENTUAN PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19 / SPECIFIC PROVISION

1. Dengan sepenuhnya memperhatikan arahan Pemerintah dan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan mengenai Pencegahan Penyebaran Virus COVID19, meskipun Perseroan juga akan mengadakan Rapat secara fisik bagi Pemegang Saham, kehadiran fisik peserta Rapat akan dibatasi dengan mempertimbangkan kapasitas ruangan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai pemberlakuan pembatasan kegiatan sosial/perkumpulan massa (PSBB/PPKM). Oleh karena itu, Perseroan dengan ini memberikan imbauan kepada Pemegang Saham untuk tidak hadir secara fisik namun menghadiri Rapat secara elektronik atau memberikan kuasa kepada Pihak Independen yang ditunjuk Perseroan sebagaimana disebutkan pada Ketentuan Umum No. 4 di atas baik dengan surat kuasa konvensional maupun dengan menggunakan aplikasi eASY.KSEI.

2. Bagi Pemegang Saham dan/atau Kuasanya yang akan hadir secara fisik dalam Rapat, wajib mengikuti dan lolos protokol keamanan dan Kesehatan yang berlaku pada tempat Rapat, sebagai berikut:

a. Perseroan mewajibkan Pemegang Saham dan/atau Kuasanya untuk memiliki Surat Keterangan Uji Tes Swab yang diperoleh dari dokter rumah sakit, puskemas, atau klinik berupa pemeriksaan tes Swab PCR dengan hasil negatif COVID-19 yang berlaku 2 (dua) hari sebelum Rapat atau pemeriksaan tes Swab Antigen dengan hasil negative COVID-19 yang berlaku 1 (satu) hari sebelum Rapat.
b. Menggunakan masker selama berada di dalam area tempat Rapat;
c. Deteksi dan pemantauan suhu tubuh untuk memastikan Pemegang Sahama dan/atau Kuasanya tidak sedang memiliki suhu tubuh diatas normal (atau lebih dari 36,5 oC);
d. Mengikuti arahan panitia Rapat dalam menerapkan kebijakan physical distancing di tempat Rapat baik sebelum Rapat dimulai, pada saat Rapat, maupun setelah Rapat selesai;
e. Mengikuti prosedur dan protokol pencegahan penyebaran maupun penularan COVID-19 lainnya yang ditetapkan oleh Perseroan.
f. Demi alasan kesehatan dan dalam rangka pengendalian pencegahan penyebaran COVID- 19, Perseroan tidak menyediakan makanan dan minuman.

3. Terkait adanya proses screening terkait protokol keamanan dan Kesehatan COVID-19 serta tertibnya Rapat, para Pemegang Saham atau Kuasanya diminta dengan hormat agar sudah berada ditempat Rapat selambat-lambatnya 60 (enam puluh) menit sebelum Rapat dimulai.

4. Pemegang Saham atau Kuasanya yang telah hadir ke tempat Rapat namun dilarang menghadiri atau tidak dapat memasuki ruang Rapat karena alasan protokol keamanan dan kesehatan tetap dapat melaksanakan haknya dengan cara memberikan kuasa (untuk menghadiri dan memberikan hak suaranya pada setiap mata acara Rapat) kepada Pihak Independen yang ditunjuk oleh Perseroan, dengan mengisi dan menandatangani formulir Surat Kuasa yang disediakan oleh Perseroan di Meja Registrasi.

5. Perseroan akan membatasi Pemegang Saham dan/atau Kuasanya yang hadir secara fisik berdasarkan first come first serve saat melakukan registrasi sampai dengan memenuhi jumlah batas maximum ruangan sesuai ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (“PPKM”).

BAHAN RAPAT
Keterangan lengkap dan terkini mengenai bahan mata acara Rapat termasuk informasi lainnya terkait Rapat, tersedia dalam situs web Perseroan berikut www.wicaksana.co.id. Sehubungan dengan kondisi pandemi COVID19, Perseroan tidak menyediakan bahan mata acara Rapat dalam bentuk cetak.

Jakarta, 23 Februari 2022 / 23 February 2022
PT Wicaksana Overseas International Tbk
Direksi / The Company Director