Tata Kelola Perusahaan

PT WICAKSANA OVERSEAS INTERNATIONAL Tbk.

Tata Kelola Perusahaan

Tugas dan Peran Dewan Komisaris Perusahaan

Tugas utama Dewan Komisaris adalah melakukan pengawasan atas kebijakan Direksi dalam menjalankan Perusahaan serta memberikan nasihat kepada Direksi Perusahaan. Saat ini Komisaris Perusahaan terdiri dari seorang Presiden Komisaris dan 4 (empat) orang Komisaris, dimana 2 (dua) diantaranya merupakan Komisaris Independen.

Besarnya remunerasi kepada Dewan Komisaris Perusahaan adalah sejumlah Rp1.174.255.523 pada tahun 2019.

Dewan Komisaris mengadakan total 4 rapat dalam tahun 2019. Tabel dibawah ini menunjukkan tingkat kehadiran masing-masing anggota Dewan Komisaris.

Anggota Dewan KomisarisJumlah Rapat Yang Dihadiri% Kehadiran
Djajadi Djaja4100
Haji Suhadi, SH.4100
Paul Harry Graham4100
Stephen John Ferraby4100
Reto Hugo Stillhard3100
Andreas Wust*1100
Tugas dan Peran Direksi Perusahaan

Direksi bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan tugasnya untuk kepentingan Perusahaan dalam mencapai maksud dan tujuannya serta mewakili Perusahaan di dalam dan di luar Pengadilan tentang segala hal dan dalam segala kejadian, mengikat Perusahaan dengan pihak lain dan pihak lain dengan Perusahaan, serta menjalankan segala tindakan, baik yang mengenai kepengurusan dan kepemilikan. Direksi dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab menjalankan tugasnya dengan mengindahkan ketentuan Anggaran Dasar Perusahaan dan atau Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Direksi Perusahaan terdiri dari seorang Presiden Direktur dan 2 (dua) orang Direktur. Koordinasi antar Direksi dilakukan setiap saat dengan mengikut sertakan para pejabat terkait sesuai dengan bidangnya masing-masing. Besarnya remunerasi kepada Direksi Perusahaan adalah sejumlah Rp2.519.166.000 pada tahun 2019. Jumlah tersebut terdiri atas gaji dan imbalan pekerjaan jangka pendek.

Pada tahun 2019 diadakan 12 rapat. Tabel di bawah ini menunjukkan tingkat kehadiran masing-masing anggota Direksi.

Anggota Dewan DireksiJumlah Rapat Yang Dihadiri% Kehadiran
Tay Lim Pin12100
Eka Hadi Djaja12100
Patrick Othmar Stillhart7100
Damien Dimitri Morot *5100
Rapat Umum Pemegang Saham

Pada tanggal 27 Februari 2020 Pemegang Saham Perusahaan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) terkait dengan Perubahan Pasal 3 Anggaran Dasar Perusahaan dan Perubahan Dewan Komisaris Perusahaan. Hal ini sesuai dengan Akta Notaris M. Nova Faisal,SH., M.Kn No. 38 Februari 27, 2020. Perusahaan telah melaporkan perubahan ini dan perubahan ini dan telah disetujui oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Indonesia dalam
Surat Keputusannya No. AHU-AH.01.03-0113657.

Pada tanggal 13 Agustus 2020, Perusahaan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham tahunan dengan Akta Notaris M. Nova Faisal, SH., Mkn. No 10 tanggal 13 Agustus 2020 yang antara lain persetujuan atas Laporan Tahunan untuk tahun buku 2019.

Komisaris Independen

Komisaris Independen Perusahaan berjumlah 2 (dua) orang, sehingga telah memenuhi ketentuan yaitu sekurang-kurangnya 30% dari jumlah seluruh anggota Komisaris dengan persyaratan sebagai berikut :

  1. Tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Pemegang Saham Pengendali Perusahaan.
  2. Tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Direktur dan/atau Komisaris Perusahaan.
  3. Tidak bekerja rangkap sebagai Direktur di perusahaan lainnya yang terafiliasi dengan Perusahaan.
  4. Memahami peraturan perundangan-undangan di bidang Pasar Modal.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Komisaris Independen dibantu oleh Komite Audit.

Komite Audit

Komite Audit Perusahaan terdiri dari tiga anggota dan dipimpin oleh Bapak Haji Suhadi, SH., seorang Komisaris Independen. Anggota lainnya adalah Bapak Robert Darmadi dan Bapak Stan Pranoto yang dipilih dari pihak eksternal yang independen, keduanya tidak memiliki hubungan lain dengan Perusahaan.
Tugas Komite Audit adalah membantu Komisaris dalam menjalankan tugasnya untuk mengawasi manajemen Perusahaan.

Komite Audit melakukan pengawasan dan melaksanakan tugas-tugas berikut:

  1. Mengkaji laporan keuangan tahunan dan laporan kuartalan Perusahaan,
  2. Memberikan pendapat mengenai laporan yang disampaikan Direksi kepada Dewan Komisaris,
  3. Mengkaji kepatuhan Perusahaan terhadap undang-undang dan peraturan pasar modal yang berlaku.

Pada tahun 2019, Komite Audit melaksanakan 4 (empat) rapat dalam satu tahun.

Unit Internal Audit

Perusahaan memiliki team Internal Audit yang dikepalai oleh Bapak Andreas Gunawan, beliau meraih
gelar sarjana pada bidang Akuntansi Komputer dari Universitas Bina Nusantara. Kepala Internal Audit bertanggung jawab kepada Direksi dan menyampaikan laporan secara berkala mengenai temuan di lapangan, tindak lanjut temuan yang signifikan dan rencana audit tahunan kepada Direksi dan Komite Audit.

Perusahaan membentuk Unit Audit Internal tanggal 20 September 2017 mengacu pada POJK No.56/POJK.04/2015 Tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Audit Internal. Sesuai Piagam Unit Audit Internal, secara fungsional Unit Audit Internal bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris melalui Komite Audit, dan secara administratif bertanggung jawab kepada Presiden Direktur.

Kepala Internal Audit memimpin pembuatan rencana audit dengan masukan dari Manajemen dan evaluasi dari Direksi. Rencana audit tahunan yang sudah disusun, dilaksanakan oleh staff audit internal sepanjang tahun.

Sekretaris Perusahaan

Perusahaan menunjuk Bapak Aji Irawan sebagai Sekretaris Perusahaan (Corporate Secretary) efektif per tanggal 17 Maret 2020. Beliau meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Diponegoro. Sekretaris Perusahaan memiliki peranan penting dalam memfasilitasi komunikasi antara organ perusahaan, hubungan antara perusahaan dengan pemegang saham, Otoritas Jasa Keuangan, dan Pemangku Kepentingan lainnya serta memastikan kepatuhan Perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal.

Sekretaris Perusahaan memiliki fungsi menetapkan, mengembangkan, mengarahkan, dan menyusun strategi dalam pelaksanaan compliance perusahaan yang berhubungan dengan pasar modal, pelaksanaan Investor Relations dan Corporate Communication, implementasi Good Corporate Governance  serta administrasi kesekretariatan perusahaan untuk mendukung tercapainya Visi dan Misi Perusahaan. Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama.

Piagam

i

Pedoman dan Kode Etik Direksi dan Dewan Komisaris

i

Piagam Komite Nominasi dan Remunerasi

i

Piagam Unit Audit Internal

i

Piagam Komite Audit